Selama ini tentunya Anda telah mengenal tiga jenis layanan email, yaitu POP mail, email forwarding dan email berbasis web. Masing-masing jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.
POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
Kelebihan :
Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.
Kekurangan
Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.
Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.
Kelebihan
Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.
Kekurangan
Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).
Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.
Kelebihan
Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.
Kekurangan
Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.
sumber : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=3973&page=1
CARA MEMBUAT :
Di bawah ini akan dijelaskan panduan atau langkah langkah lengkap cara membuat email dari penyedia layanan email gratis Yahoo.com :
1. Langkah pertama ini tentunya membuka browser kamu dulu ya (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fireox, bisa juga opera, terserah kamu)… kemudian masukkan alamat urlnya, www.mail.yahoo.com,
2. Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in.Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunya Id yahoo dan pasword, silahkan klik saja tombol Sign Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com.
3. Sesaat setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.
lalu kamu tinggal masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom yang telah disediakan. di bawah ini saya beri contoh cara pengisiannya. Mohon di perhatikan, gambar di bawah ini hanya contoh, jika nama kamu bukan Martono ya jangan diisi martonoPenjelasan pengisian :
a. untuk pengisian kolom ‘alternate email’ dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau bisa diisi dengan alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi jika kamu nanti lupa dengan pasword kamu, maka pasword kamu nanti bisa direset (didapatkan) lewat email alternatif yang kamu masukkan tadi. Untuk pilihan pertanyaan, tinggal pilih saja (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama dengan email Alternate. Yaitu untuk mereset password jika kamu lupa dengan pasword kamu, maka pertanyaan yang kamu pilih tadi akan muncul, dan kamu masukkan jawabn yang kamu buat tadi untuk membuat password baru.
b. Masukkan code capta pada kolom yang disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai gampang dibaca.
4. Jika data pribadi kamu sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ]. jika kolom isian formulir telah kamu isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini. Klik tombol Continue, untuk melanjutkan proses selanjutnya.
5. Sesaat kemudian akan diarahkan ke kontak masuk email kamu.. disitu pasti ada satu pesan masuk… isinya dari pihak yahoo.com sendiri, biasanya ucapan selamat datang atau menikmati,
ketika pertama kali masuk email akan ada jendela pertanyaan seperti gambar di bawah ini, Klik tombol [ I've used email before ]
dan jika masih muncul jendela seperti ini lagi, Klik Tombol [x] pada bagian pojok nya.6. untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan pada gambar point nomor 5, di atas sudah saya beri tanda lingkaran. setelah kamu klik pada In Box, akan muncul daftar email yang ada di In Box. Untuk melihat isi email nya, klik pada pada Subjeknya email yang ingin kamu buka. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.
Cara mengirim email
7. Untuk cara mengirim email. klik pada Tombol New, berada di side bar sebelah kanan (perhatikan gambar di bawah ini).
8. setelah kamu klik pada tombol New, sesaat kemudian kamu akan menjumpai kolom untuk menuliskan email kamu., perhatikan gambar di bawah ini. masukkan alamat email teman kamu pada kolom To ; , kolom CC dikosongkan saja, kolom Subjek sebagai tema atau judul surat, dan kolom paling bawah yang lebar sekali itu untuk menuliskan isi surat atau email yang ingin dikirimkan. jika sudah diisi semua, tekan Tombol Send
9. jika email atau surat kamu terkirim, akan di tandai seperti gambar di bawah ini. di bagian bawah terdapat dua kolom. itu merupakan tawaran, apakah kamu mau menyimpan alamat email yang barusan kamu kirimi surat atau tidak, kalau ya, masukkan
nama depan dan nama belakang, kemudian klik OK10. jika sudah selesai melakukan aktifitas pada email kamu, Klik pada tombol Sign out sebelum kamu menutup browser kamu, sebagai antisipasi untuk keamanan akun yahoo kamu.
11. Alhamdulillah sekarang email kamu sudah jadi. dan apabila nanti kamu ingin membuka lagi. tahapannya, buka alamat www.mai.yahoo.com pada browser kamu, entah itu Mozila fire fox atau Internet Explorer. kemudian masukkan alamat email dan password yang kamu buat tadi. kemudian klik Sign In.
Perlu diketahui, alamat website atau situs berbeda dengan alamat email. contoh alamat situs www.ridwanaz.com, sedangkan alamat email martononingrat@yahoo.com , bukan www.martono@yahoo.com . karena saya beberapa kali menjumpai seseorang yang ingin membuka email atau mengecek isi emailnya malah memasukkan seperti ini www.martononingrat@yahoo.com pada address bar browser nya, jelas saja yang muncul error.
semoga panduan cara membuat email di yahoo di atas dapat kamu pahami, dan tentunya bermanfaat bagi yang membutuhkan.
sumber : http://ridwanaz.com/teknologi/internet/cara-membuat-email-di-yahoo/
ISTILAH - ISTILAH DI E-MAIL
Istilah Dalam Email
AddressAlamat email yang anda miliki
Address book atau contacts
Istilah untuk daftar nama dan
alamat email pada sebuah program email client
Attachment
istilah untuk melampirkan
dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa pada saat email itu dikirim
BCC
system email yang memungkinkan
penggunanya melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat
Bounce email
Email yang tidak terkirim ke
penerimanya dan masuk ke mailbox anda
cc
melakukan pengiriman email yang
sama ke banyak alamat. Beda dengan bcc, cc in tidak menyembunyikan alamat
penerima lainnya.
Delivery Receipt
Pengirim menerima info bahwa
penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail
clientnya
Distribution
list atau mailing list atau groups
Fasilitas ajang pertukaran
informasi antar sesama
Domain
Penamaan dalam dunia internet
Draft
Tulisan yang belum dikirim
Exchange
server
Untuk membuat email server
Filters
Penyaring email yang masuk.
Seperti email porno, penipuan, promosi
Folder
Fartisi tempat penyimpanan email
yang diterima
Forward
Melakukan penerusan sebuah email
ke penerima lain
Header
Kepala email, berisi informasi
penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.
HTML
Email yang berisikan gambar dan
teks
IMAP
Metode pengaturan email yang anda
terima
Inbox
Kotak surat
Junk
Email sampah, email yang dianggap
tidak perlu bahkan menggangu sipenerima
Mailbox
Untuk menyatakan sebuah account
email dengan kafasitas penampungan tertentu
Client
Program penarik dan pengirim
Server
Perangkat server atau pc untuk
melayani dan proses pengiriman dan penerimaan email
Transper Agent (MTA)
Sistem yang bertugas meneruskan
dan menghantarkan pesan email
Outbox
Tempat penampungan sementara
email yang mau dikirim
Outlook
Nama program mail client yang ada
pada operating system windows
Plain-text
Email yang hanya teks saja
POP3
Protokol yang digunakan untuk
proses penerimaan email
preview
Pane
Halaman yang digunakan untuk
membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru
Sent
items
Nama dari sebuah folder pada
program mail client
Signature
Identitas pengirim yang harus
selalu dituliskan di akhir pesan email
SMTP
Sebagai protocol yang mengatur
pengiriman pesan email
Vacation
messege
Untuk menginformasikan kepada
pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email
Web
based Email
sumber : http://schmidlen.blogspot.com/2008/06/istilah-dalam-email.html
ETIKA PENULISAN E-MAIL
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email:
1. Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut.
2. Gunakan salam, ada beberapa cara:
a. Assalamualaikum, (jika kita yakin yang menerimanya adalah muslim)
b. Yth Pak Fulan, (ini yang paling formal)
c. Pak Fulan ysh, (formal juga)
c. dh, (cara paling singkat, dh=dengan hormat)
d. Pak Fulan,
3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih".
4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak).
6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek.
Contoh email yang baik (ini email yang saya benar-benar terima dari anak SMA):
Quote
Assalamualaikum wr.wb.
Pak, saya mau bertanya. Apakah untuk bisa masuk ke jurusan ilkom hanya
bisa dengan SPMB? Apakah bisa dilakukan dengan cara mutasi? Jika bisa,
syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mutasi? Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb.
Pak, saya mau bertanya. Apakah untuk bisa masuk ke jurusan ilkom hanya
bisa dengan SPMB? Apakah bisa dilakukan dengan cara mutasi? Jika bisa,
syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mutasi? Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb.
0 komentar:
Posting Komentar